Pengertian Siklus Akuntansi Menurut Para Ahli

Apa itu Siklus Akuntansi

Apa itu Siklus Akuntansi?

Siklus pembukuan adalah sedikit demi sedikit prosedur pencatatan, pemesanan, dan garis besar pertukaran moneter suatu bisnis. Ini menciptakan data moneter yang berharga sebagai ringkasan anggaran termasuk penjelasan gaji, laporan akuntansi, proklamasi pendapatan dan artikulasi perubahan nilai.

Standar rentang waktu mensyaratkan bahwa bisnis harus menyiapkan laporan anggarannya pada premis sesekali. Dengan cara ini siklus pembukuan diikuti sekali selama setiap periode pembukuan.

Siklus akuntansi dimulai dari kronik pertukaran masing-masing dan berakhir pada kesiapan laporan anggaran dan penutupan bagian-bagian.

Baca: Software Terbaik untuk Membuat Laporan Keuangan

Tahapan Penting dalam Siklus Akuntansi

Berikut ini adalah kemajuan signifikan yang terkait dengan siklus pembukuan. Kami akan menggunakan masalah model dasar untuk mengklarifikasi setiap perkembangan.

  1. Memeriksa dan merekam pertukaran melalui bagian buku harian
  2. Menyajikan bagian buku harian pada akun catatan
  3. Merencanakan penyetaraan awal yang tidak disesuaikan
  4. Merencanakan modifikasi bagian-bagian menjelang akhir periode
  5. Mempersiapkan penyetaraan awal yang seimbang
  6. Mempersiapkan laporan fiskal
  7. Menutup catatan tidak kekal dengan cara menutup bagian-bagia
  8. Mempersiapkan pemerataan awal pasca-penutupan

Siklus pembukuan yang didapat dari informasi akuntansilengkap adalah cara untuk mentolerir, mencatat, mengatur, dan memberi kredit instalasi yang dibuat dan masuk ke dalam bisnis selama periode pembukuan tertentu.

Organisasi untuk sebagian besar menyeimbangkan buku mereka setiap kuartal dan sesudahnya lagi pada akhir tahun, namun yang lain mungkin suka menyelesaikan buku setiap hari atau secara konsisten – itu adalah satu ton pekerjaan, namun sangat baik dapat dilakukan jika kebetulan Anda memutuskan untuk melakukannya.

Mengingat pertukaran dicatat sebagai aspek utama dari siklus pembukuan, ringkasan fiskal, misalnya, laporan pendapatan, penjelasan manfaat dan kemalangan, dan catatan moneter dapat disiapkan.

Ketika semua akun bisnis telah disesuaikan, mereka selesai untuk periode itu dan yang baru dibuat untuk kerangka waktu pembukuan berikut.

Langkah-Langkah dalam Siklus Akuntanis

Bergantung pada siapa Anda berkomunikasi, siklus pembukuan dapat memiliki suatu tempat dalam kisaran tujuh hingga sembilan tahap, mengingat bagaimana poin demi poin setiap perkembangan adalah.

Pertukaran uang terkait terjadi, misalnya, menjual saham, membeli bahan mentah, atau membuat angsuran sewa, misalnya.

Pertukaran tersebut dicatat dalam buku harian fitting moneter, bergantung pada apa uang tunai dihabiskan atau dimulai. Biaya digunakan untuk menunjukkan uang tunai melalui dan kredit digunakan untuk uang tunai yang didapat.

Pertukaran kemudian disajikan pada catatan dalam catatan umum, yang merupakan ikhtisar dari semua catatan terkait uang bisnis, yang berdampak, misalnya, sewa atau upah atau promosi.

Menjelang akhir kerangka waktu buku, Anda menjalankan paritas pendahuluan untuk memeriksa apakah semua angka seimbang. Seringkali, mereka tidak mau, jadi modifikasi adalah hal mendasar.

Tahap berikut berusaha menemukan alasan kecanggungan dan memperbaikinya.

Ketika catatan seimbang, ringkasan fiskal disiapkan.

Menjelang akhir periode, buku-buku selesai dan pendapatan baru dan buku besar bisnis dibuat dengan nol penyesuaian. Ini digunakan untuk kerangka waktu pembukuan berikut.

Masalah dengan Balancing

Motivasi siklus pembukuan adalah untuk menjamin bahwa semua uang tunai yang masuk atau keluar dari bisnis terwakili. Itulah sebabnya penyesuaian sangat mendasar.

Dalam kasus apa pun, kesalahan sering dimungkinkan saat merekam bagian, mendorong penyetaraan awal yang tidak akurat yang harus seimbang sehingga biaya dan kredit terkoordinasi. Penjelasan yang paling terkenal di balik catatan tentang ketidakseimbangan meliputi:

Menghadap pertukaran

Menyajikan pertukaran pada catatan yang tidak pantas

Posting pertukaran sebagai biaya daripada kredit, atau sebaliknya

Salin posting

Posting jumlah yang tidak pantas

Ketika ditemukan, kesalahan tersebut dengan mudah direvisi.